Untitled Document

 
Sabtu, 16 Desember 2017
 
 
 
 
 
 
.:: Biografi
Aisyah
ISBN : 978-979-1303-07-01
Ukuran : 16 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Biografi
: Beli

Aisyah
The Greatest Woman in Islam
Sulaiman an-Nadawi

Karya yang ditulis pada tahun 1908 oleh Sayyid Sulaiman an-Nadawi, seorang ulama besar India ini merupakan satu-satunya buku biografi sosok Aisyah r.a. yang paling lengkap hingga saat ini.

Dengan gaya sastrawinya yang khas dan lugas, penulis menyuguhkan seluruh keistimewaan dan sifat Aisyah r.a. dalam berbagai bidang ilmu: fikih, hadis, tafsir, ilmu syariat, sastra, syair, kisah-kisah, ilmu genetika, dan kedokteran.

Lebih menariknya lagi, selain memaparkan pelbagai realitas sejarah dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Aisyah, buku ini juga mengupas tentang berbagai teladan yang dicontohkan Aisyah sebagai seorang istri Rasulullah s.a.w. dan perannya sebagai Ummul Mukminin

Pemaparan sisi-sisi intelektualitas, romantisme, dan heroisme Aisyah itulah yang menjadikan karya ini patut menjadi kiblat penulisan biografi tokoh-tokoh penting lainnya. Apalagi, semua itu merupakan hasil analisa ilmiah dan studi historis yang komprehensif.


Biografi Abu Bakar ash-Shiddiq
ISBN : 978-979-3715-99-5
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Biografi
: Beli

Biografi Abu Bakar ash-Shiddiq
Khalifah Pertama yang Menentukan Arah Perjalanan Umat Islam Sepeninggal Rasulullah
Dr. Muhammad Husain Haikal

Penulisan sejarah kehidupan Abu Bakar telah banyak dilakukan oleh pakar sejarah terdahulu. Tetapi ada suatu perbedaan antara karya mereka dengan karya Muhammad Husain Haikal. Penulisan para sejarawan terdahulu biasanya memfokuskan penceritaan peristiwa an sich dengan berpegang pada sumber-sumber yang valid; namun Husain Haikal di samping menggunakan metode observasi referensi, juga memberi nuansa sehingga terasa hidup dan aktual.

Peran Abu Bakar dalam satu fragmen sejarah sangatlah menentukan. Sebab saat-saat itulah sejarah memasuki masa transisi dari kepemimpinan seorang rasul ke tangan manusia biasa. Di sinilah letak spesifikasi Abu Bakar yang tak bisa disamai oleh pemeran sejarah lainnya.

Dengan ciri khasnya yang cerdas dan berkepribadian lembut, Abu Bakar menjadi "aktor" paling tepat menghadapi periode kepemimpinan umat sepeninggal Rasulullah. Periode ini sungguh sangat sulit dan rumit. Tetapi tampaknya isyarat "pengkaderan" dirinya sebagai Khalîfatur-rasûlillâh telah dipersiapkan oleh zaman sejak awal. Peran-perannya sebagai imam shalat menggantikan tugas Rasulullah, penyerta hijrah Nabi dan pendamping setia sepak terjang Rasulullah, merupakan "ayat-ayat" akan perannya sebagai Khalîfatur-rasûlillâh.

Buku ini amat bermanfat untuk studi, pustaka, dan bahan kajian.

Semoga menambah pemantapan khazanah pengetahuan kita.


Biografi Rasulullah
ISBN : 979-3715-56-1
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-4
Kategori : Biografi
: Beli

Biografi Rasulullah
Sebuah Studi Analitis Berdasarkan Sumber-sumber yang Otentik
Dr. Mahdi Rizqullah Ahmad

Karya kontemporer terlengkap tentang perjalanan hidup Nabi Muhammad s.a.w. sejak beliau dilahirkan hingga wafat dengan pemaparan secara terperinci setiap episode kehidupan yang beliau jalani beserta perjuangan beliau dalam rangka menyebarkan ajaran Islam. Dilengkapi dengan penjelasan kondisi sosial-keagamaan Jazirah Arab dan sekitarnya pada masa sebelum Islam hingga beliau diutus menjadi Rasul.

Sejarah hidup Rasulullah s.a.w. merupakan medan kajian yang sangat kaya akan materi keilmuan, wawasan keagamaan, hikmah, dan pendidikan. Munculnya sekian banyak buku tentang sejarah hidup Rasulullah, baik yang ditulis oleh para ulama klasik maupun modern merupakan bukti dari kekayaan tersebut.

Karya Dr. Mahdi Rizqullah Ahmad ini merupakan salah satu buku biografi karya seorang ulama modern yang tak layak dipandang sebelah mata. Ada banyak keunggulan dan hal baru ditawarkan oleh buku ini. Salah satunya adalah bahwa buku ini hanya memuat materi-materi sejarah dari sumber-sumber yang otentik dan terpercaya.

Fakta-fakta sejarah yang terjadi pun tidak hanya dipaparkan begitu saja, melainkan juga dicermati dan dianalisa sedemikian rupa. Sehingga, pembaca tidak hanya menyaksikan rentetan peristiwa demi peristiwa, tetapi juga akan menemukan banyak pengetahuan tentang nilai-nilai moral, pendidikan, dan hukum-hukum syariat dari berbagai macam peristiwa tersebut.

Perpaduan antara buku sejarah dan keilmuan inilah yang mengantarkan buku ini sebagai buku sirah Nabi s.a.w. di beberapa lembaga pendidikan dan perguruan tinggi di Timur Tengah.


Lilin yang Tak Pernah Padam
ISBN : 978-979-3715-98-8
Ukuran : 20,5 x 13 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Biografi
: Beli

Lilin yang Tak Pernah Padam
Biografi Para Ulama Salaf
Abu Malik Muhammad ibn Hamid ibn Abdul Wahab

Ternyata, untuk menjadi salafiyun sejati bukan saja membutuhkan ilmu agama yang luas, melainkan juga butuh azam (tekad yang kuat), kesabaran, dan keteguhan mental dan spiritual.

Paling tidak, itulah yang hendak ditekankan oleh penulis buku ini. Paparannya tentang riwayat hidup beberapa ulama dan tokoh salafi sejak zaman dahulu hingga sekarang akan menyadarkan pada kita, bahwa perjuangan dan tantangan mereka untuk mempertahankan akidah salafi, masih lebih besar dari yang kita lakukan saat ini.

Maka, mengenal riwayat hidup, perilaku keseharian, karya-karya, dan petuah-petuah mereka adalah sebuah keharusan bagi generasi salafi yang ingin meneladani kepribadian, ibadah dan akhlak mereka, serta menjadi generasi penerus kejayaan Islam di masa yang akan datang.


Nabi-Nabi Allah
ISBN : 978-979-1303-10-1
Ukuran : 16 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-13
Kategori : Biografi
: Beli

Nabi-Nabi Allah
Karya Referensial
Internasional Best Seller
Ahmad Bahjat

"Setiap kali kugoreskan penaku untuk menulis buku ini, aku merasakan keteguhan dan kekhidmatan sebagaimana yang aku rasakan saat bersujud dalam shalat malam di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan di Masjidil Haram, Mekah."

Pengakuan penulis di atas menunjukkan betapa karya ini ditulis dengan khidmat, khusyuk, dan penuh penghayatan. Karenanya, tak mengherankan bila buku yang diterbitkan kali pertama pada April 1973 ini meledak di pasar dan habis dalam hitungan hari. Sampai tahun 2006, edisi bahasa Arab buku ini sudah sampai pada cetakan ke-32.

Banyak komentar menyebut buku ini sebagai risalah sejarah terlengkap tentang nabi-nabi Allah, Karena, buku ini tidak hanya memuat kisah kehidupan 25 nabi yang selama ini telah kita kenal, tetapi juga riwayat hidup nabi-nabi lain yang jarang terdengar, seperti nabi-nabi dari Bani Israil dan nabi-nabi dari kaum Yasin.

Dengan gaya tutur sastrawi penulisnya, nilai keilmiahan buku ini semakin mudah dicerna dan dipahami. Bahkan, unsur tersebut bersatu pada menjadikannya sebagai sebuah karya referensial yang sejuk dibaca hingga berkali-kali.


Untitled Document
ISBN : 979-3715-50-2
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-12
Kategori : Biografi
: Beli

Sosok Para Sahabat Nabi
Dr. Abdurrahman Raf'at al-Basya

"Generasi muslim terbaik adalah mereka yang hidup semasa denganku. Mereka adalah para sahabatku, lalu generasi sesudah mereka, kemudian generasi setelah itu." (Hadis Sahih)

Para sahabat Nabi adalah generasi terbaik. Mereka terdidik dan belajar di bawah naungan "madrasah" Nabi Muhammad s.a.w. Penegasan hadis di atas secara tidak langsung mengindikasikan bahwa kehidupan mereka harus diteladani oleh setiap muslim.

Para sahabat Nabi yang dipotret buku ini merupakan pribadi-pribadi dengan kualitas keislaman, keimanan, dan ihsan sempurna. Sosok-sosok teladan itu sudah mengabdikan hidup mereka untuk memperjuangkan Islam, mempertahankan akidah, dan memberikan makna yang sesungguhnya pada persahabatan mereka dengan Rasulullah s.a.w. Hal ini tidak mengherankan, karena mereka benar-benar memahami wahyu dan menghayati seluruh aspek ajaran Islam.

Dengan merujuk pada sumber-sumber yang muktabar dan sahih, karya ini membentangkan perjalanan hidup, pencarian kebenaran yang dilakukan, serta perjuangan dan komitmen para sahabat Nabi kepada nilai-nilai Islam yang luhur. Tiap kali membacanya, keinsyafan beragama kita akan tergugah, kebanggaan kita pada keluhuran Islam akan selalu tumbuh, dan kecintaan kita terhadap para sahabat beserta Nabi Muhammad pun akan semakin menguat.


Syamail Rasulullah
ISBN : 978-979-1303-39-2
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-1
Kategori : Biografi
: Beli

Syama`il Rasulullah
Dr. Ahmad Musthafa Mutawalli

Kajian mengenai mukjizat, sosok kepribadian, dan karakter Rasulullah s.a.w., berikut paparan tentang sunnah yang beliau ajarkan dalam beribadah dan seluruh kebiasaan beliau, serta penjelasan akan keistimewaan-keistimewaan yang khusus dianugerahkan kepada beliau, berdasarkan hadis-hadis dan riwayat-riwayat yang sahih.

Sebagai utusan Allah, Nabi Muhammad s.a.w. membawa mukjizat di luar nalar dan kodrat manusia biasa. Mukjizat-mukjizat tersebut diberikan Allah s.w.t. sebagai bukti akan kebenaran risalah dan ajaran yang beliau sampaikan. Di samping dibekali mukjizat, beliau juga dididik langsung oleh Allah s.w.t. Hal ini dinyatakan sendiri oleh beliau dalam sebuah hadis, "Aku dididik langsung oleh Tuhanku. Sehingga, sempurnalah pendidikanku." Alhasil, sebagai pribadi, beliau memiliki keagungan karakter dan keluhuran akhlak hingga menjadi suri tauladan bagi seluruh umat manusia.

Buku ini melukiskan semua itu berdasar pada keterangan hadis-hadis dan riwayat-riwayat sahih. Menariknya lagi, dijelaskan pula di dalamnya sunnah dan kebiasaan Rasulullah s.a.w. dalam ibadah maupun dalam aspek kehidupan lainnya secara rinci. Pembahasan buku ini semakin lengkap dengan pemaparan keistimewaan-keistimewaan khusus Nabi Muhammad s.a.w. Misalnya, keistimewaan beliau sebagai rasul untuk seluruh umat manusia, keistimewaan sebagai imam para rasul, dan—yang paling penting—keistimewaan menerima al-Qur`an sebagai mukjizat yang kekal hingga akhir zaman. Selain dapat memetik keteladanan, pembaca juga akan dapat mengenal lebih dalam lagi sosok dan kepribadian Rasulullah s.a.w. dari buku ini. Manfaatnya pun tak hanya berhenti sampai di situ. Karena dari buku ini juga, pembaca dapat mempraktekkan sunnah-sunnah Rasulullah yang tercinta dengan benar dan sesuai syariat.


Tarikh Khulafa
ISBN : 978-979-1303-40-8
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Jenis : Hard Cover
Cetakan : ke-2
Kategori : Biografi
: Beli

Tarikh Khulafa`
Dr. Ibrahim al-Quraibi

Kajian kontemporer yang meluruskan kembali sejarah kehidupan al-Khulafâ` ar-Râsyidûn, disertai uraian dan analisis peristiwa-peristiwa penting pada periode kekhilafahan mereka berdasarkan sumber-sumber dan riwayat-riwayat yang otentik dan sahih.

Periode kekhilafahan empat khalifah yang bijak (al-Khulafâ` ar-Râsyidûn) adalah masa keemasan sejarah Islam sepeninggal Rasulullah s.a.w. Periode tersebut berhasil merintis pembangunan tatanan masyarakat dan negara Islam yang sejalan dengan semangat al-Qur`an dan sunnah Nabi s.a.w. Rintisan inilah yang pada gilirannya melempangkan jalan bagi berdirinya sebuah kekhilafahan yang menaungi dunia dengan peradaban dan ajaran Islam.Sejarah sudah merekam perjalanan hidup dan pemerintahan para khalifah itu dengan beragam versi. Karya-karya tentang kehidupan, perjuangan, dan liku-liku kekhilafahan mereka juga sudah banyak ditulis. Namun, karya yang ditulis oleh Dr. Ibrahim al-Quraibi—dosen sekaligus ulama terkemuka di Yaman—ini berbeda dari karya-karya bertema sejenis.

Dengan merujuk kepada sumber-sumber otentik sejarah Islam, episode demi episode kehidupan keempat khalifah itu dipaparkan secara kronologis. Fakta-fakta yang diajukannya pun bukan hanya diambil dari data-data sejarah, namun juga diolah dari hasil analisis dan perbandingan riwayat-riwayat.

Sebagai satu-satunya karya kontemporer tentang sejarah al-Khulafâ ar-Râsyidûn, buku ini menyajikan fakta dan data secara ilmiah, kritis, dan berimbang. Sejumlah peristiwa penting dan krusial, seperti peristiwa Saqifah Bani Sa'idah, syûrâ, al-Fitnah al-Kubrâ yang berujung pada terbunuhnya Khalifah Utsman, hingga pecahnya perang saudara dalam Perang Jamal dan Shiffin, dijelaskan dengan sangat memadai dalam karya ini.

Alhasil, dengan membaca buku ini, kita akan dapat mengetahui fakta-fakta dalam sejarah para khalifah yang selama ini masih kabur, sekaligus memetik sejumlah pelajaran dan tauladan dari kehidupan, perjuangan, kebijakan, serta keilmuan mereka.


Untitled Document
ISBN : 978-979-1303-25-8
Ukuran : 13,5 x 20,5 cm
Jenis : Soft Cover
Cetakan : ke-13
Kategori : Biografi
: Beli

Umur dan Silsilah Para Nabi
Jihad Muhammad Hajjaj

Selain unik, buku ini juga akan memberi banyak informasi yang jarang tersentuh tentang silsilah dan latar belakang keluarga para nabi, termasuk di dalamnya tentang siapa ibu, istri, anak, dan cucu mereka.

Dengan ketelatenan dan kecermatannya dalam mengumpulkan data dan fakta yang berserakan di berbagai sumber, penulis juga akan mengungkap berapa umur para nabi tersebut. Akan diterangkan misalnya, tentang berapa umur Nabi Adam sebenarnya, mengapa ia memberikan 40 tahun dari jatah umurnya kepada Nabi Daud yang sebenarnya hanya mendapat jatah hidup di dunia selama 60 tahun, dan mengapa Nabi Adam sempat menolak ketika akan dicabut nyawanya?

Dan tentunya, masih banyak lagi pernak-pernik hikmah dari pengulasan tentang umur-umur para nabi lainnya. Karena itu, buku ini bisa menjadi bahan alternatif yang menyegarkan, tidak hanya menghibur tetapi juga bisa mempertebal iman.

Selamat membaca!


 
   
 

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

 
Kembali ke atas